Author Topic: 5 Strategi Bersaing Supaya Bisnis Bisa Unggul dari Kompetitor  (Read 85 times)

trianamargaret

  • Newbie
  • *
  • Posts: 5
  • Nilai Diskusi: +0/-0
    • View Profile
    • Jasa Logistik
Mau mulai bisnis tapi saingan banyak? Dalam berbisnis, yang namanya kompetitor memang tidak bisa dihindari. Tapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan lho untuk menghadapi kompetitor dan gak kalah saing.

Berikut beberapa tips strategi bersaing untuk bisnis...

Cari tahu siapa kompetitornya
Kalau mau menang, pasti Anda harus tahu dulu dong siapa lawan Anda? Begitu pula di bisnis. Anda harus cari tahu dulu kira-kira siapa saja sih kompetitor dari bisnis Anda. Kompetitor ini bisa punya model bisnis yang sama, bergerak di industri yang sama, atau punya target pasar yang sama dengan bisnis Anda.

Setelah tahu siapa saja kompetitor Anda, selanjutnya Anda bisa melakukan analisis. Apa saja kelebihan dan kekurangan mereka, bagaimana mereka memasarkan produk, dan sebagainya. Dari situ, Anda bisa mendapatkan ide atau peluang baru bagi bisnis Anda yang mungkin bisa membuat bisnis Anda jadi lebih unggul.

Tentukan siapa target konsumen Anda
Anda juga jelas perlu tahu siapa yang akan membeli produk yang Anda jual. Berapa umur mereka, tinggal di mana, biasanya berbelanja lewat apa, dan sebagainya. Anda bisa mengetahuinya dengan melakukan riset, misalnya mengadakan survei. Dengan mengetahui dengan jelas siapa target konsumen Anda, Anda bisa jadi lebih mudah memasarkan produk yang dijual.

Diferensiasi
Jangan meniru kompetitor. Kalau Anda hanya meniru, Anda akan sulit untuk bisa menyaingi mereka. Yang bisa Anda lakukan adalah menunjukkan keunggulan dari bisnis Anda yang tidak dimiliki para pesaing.

Misalnya kalau Anda menjual sayur, Anda bisa bilang sayur Anda ditanam dengan menggunakan bahan organik atau memberdayakan petani daerah. Contoh lain adalah misalnya Anda menjual tas, Anda bisa bilang tas Anda dibuat dengan bahan premium dan bisa tahan lama.

Intinya, tawarkan sesuatu yang tidak ditawarkan oleh kompetitor Anda.

Perkuat branding
Kalau Anda punya branding yang kuat, target konsumen juga akan mudah mengingat bisnis Anda. Bagaimana cara membangun branding yang kuat? Tentukan dulu citra dan pesan apa yang mau Anda bangun dari bisnis Anda.

Misalnya jika Anda menjual produk perawatan, Anda bisa membangun pesan bahwa semua perempuan itu cantik dengan karakteristiknya masing-masing. Anda bisa menunjukkan pesan ini mulai dari logo, konten, warna yang Anda gunakan, hingga gaya bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Cara lain adalah Anda bisa membagikan konten-konten yang dirasa cocok dan berkaitan dengan target audiens. Jadi mereka merasa bahwa bisnis Anda tidak hanya menyediakan produk tapi juga bisa membantu mereka lewat konten-konten yang Anda bagikan.

Kerjasama
Punya kompetitor gak selalu buruk lho! Di momen-momen tertentu, kompetitor Anda bisa jadi partner Anda. Anda bisa berkolaborasi dengan salah satu kompetitor Anda untuk menjangkau target market yang baru.

Misalnya Anda jualan makanan sehat dan kompetitor Anda jualan minuman sehat. Walaupun punya target pasar yang sama yaitu orang-orang yang ingin menjalani hidup sehat, Anda bisa bekerja sama dengan kompetitor dengan menawarkan paket makanan + minuman sehat.

Pelayanan yang Berkualitas
Pelayanan juga sangat menentukan kesuksesan bisnis lho. Makanya, pelayanan ini harus benar-benar Anda perhatikan. Mulai dari packaging barang, cara berkomunikasi dengan pelanggan, kecepatan balas chat, kualitas produk, kecepatan pengiriman dan sebagainya.

Makanya jasa logistik sangat penting untuk mendukung jalannya bisnis Anda. Apalagi jika Anda baru memulai. Dengan memilih jasa pengiriman barang yang tepat, Anda jadi bisa menggaet lebih banyak konsumen sembari mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada.

Sumber: 9 Strategi Bersaing Agar Bisnismu Unggul dari Kompetitor
« Last Edit: June 30, 2020, 02:52:12 PM by trianamargaret »