Author Topic: Ini Dia Pilihan Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Anak  (Read 585 times)

mayafalla

  • Newbie
  • *
  • Posts: 6
  • Nilai Diskusi: +0/-0
    • View Profile
Ini Dia Pilihan Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Anak
« on: November 11, 2021, 08:39:43 AM »

Kesehatan jantung anak tentunya harus dijaga dengan baik, salah satunya melalui makanan yang dikonsumsi. Nah, pastikan anda bisa memenuhi asupan si kecil dengan beberapa pilihan makanan berikut ini.

Oatmeal
Tahukah anda bahwa oatmeal dapat menurunkan kadar dari kolesterol jahat sekaligus dapat mencegah terjadinya pembuluh darah jantung yang tersumbat. Namun, tampilan dari makanan untuk jantung sehat ini terlihat pucat, bahkan tidak menarik, dengan begitu wajar ketika anak menolak untuk mengonsumsinya.

Nah, untuk mengatasinya, maka cobalah mencampurkan bubur oatmeal yang ingin dikonsumsi dengan potongan buah segar yang berwarna cerah, seperti alpukat, beri, pisang, hingga parutan cokelat hitam. Tidak hanya meningkatkan cita rasa, mengubah bentuk dan menambah warna saja, campuran tersebut juga dapat menjadikan oatmeal semakin kaya dengan kandungan serat, kalium, asam folat dan asam lemak omega-3.

Biji-bijian utuh
Jenis biji-bijian utuh yang sebaiknya anak konsumsi adalah gandum utuh, gandum, beras merah, gandum hitam, quinoa, barley, dan soba. Jika dibandingkan dengan biji-bijian olahan, makanan untuk kesehatan jantung ini mempunyai serat yang tinggi. Yang pasti serat ini bisa efektif mengurangi kolesterol LDL jahat hingga menurunkan risiko dari penyakit jantung.
Dark chocolate atau cokelat hitam

baca juga : tips menjaga kesehatan jantung

Di dalam cokelat hitam terdapat kandungan flavonoid (polifenol) yang dapat menstabilkan tekanan darah, serta menghindarkan buah hati dari pembekuan darah. Memang, makanan untuk kesehatan jantung anak ini terasa pahit daripada cokelat yang ada dijual di pasaran. Namun, supaya anak tidak menolaknya, anda dapat memberikannya secara bertahap.

Sebagai permulaan, anda bisa memberikannya dengan persenan kakao rendah terlebih dahulu, baru kemudian yang persenannya sedang, sampai yang mengandung 60 hingga 70 persen kakao.

Buah beri
Jika anda tidak ingin memberikan si kecil cokelat hitam, maka tak ada salahnya untuk memberikannya buah-buah beri. Ya, buah-buah tersebut seperti stroberi, beri hitam, bluberi, hingga raspberry. Karena makanan ini penuh dengan nutrisi, sehingga sangatlah berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Nah, salah satu kandungan antioksidan seperti anthocyanin akan membuat beri sebagai buah untuk kesehatan jantung yang baik untuk si kecil. Hal ini dikarenakan antioksidan tersebut bisa efektif melindungi dari stres oksidatif maupun inflamasi yang memang berkontribusi dalam membentuk penyakit jantung.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan, orang dewasa yang telah mengonsumsi minuman stroberi yang beku hingga 8 minggu ternyata mengalami penurunan LDL atau kolesterol jahat sebesar 11 persen.
Bahkan, penelitian yang lain juga menemukan bahwa mengonsumsi buah bluberi setiap hari dapat meningkatkan fungsi sel yang memang melapisi pembuluh darah. Nah, sel inilah yang akan mengatur tekanan darah serta pembekuan darah.

Demikianlah berbagai pilihan makanan yang perlu anda ketahui untuk menjaga kesehatan jantung anak. Semoga bermanfaat!

anda bisa cek profile salah satu dokter jantung pediatrik disini