Author Topic: Penyakit Apa Yang Perlu Ditangani Oleh Spesialis Kardiovaskular Intensif?  (Read 18 times)

mayafalla

  • Newbie
  • *
  • Posts: 3
  • Nilai Diskusi: +0/-0
    • View Profile
 
Perubahan pola hidup yang kurang sehat telah mempengaruhi timbulnya penyakit tertentu yang terjadi di kalangan masyarakat. Pasalnya, peredaran aliran darah yang terjadi pada organ pembuluh darah dan jantung menyebabkan penyakit berbahaya sehingga perlu ditangani dokter jantung spesialis kardiovaskular intensif. Apa saja jenis penyakit tersebut? Berikut informasi lengkapnya.

4 Jenis Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah

1. Penyakit Jantung Koroner
Anda tentu sangat familiar dengan penyakit jantung koroner bukan? Salah satu jenis penyakit berbahaya di dunia ini dapat terjadi kerusakan pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke kanjung. Umumnya pembuluh darah tersebut mengalami penyempitan dan mengeras akibat aterosklerosis (pembekuan darah dalam arteri) dan penumpukan kolesterol.

Masalah yang terjadi pada kondisi tersebut dapat menyebabkan kurangnya asupan nutrisi yang seharusnya diedarkan ke seluruh tubuh. Akibatnya, kondisi ini dapat memicu gejala yang cukup serius seperti nyeri dada yang sangat parah, dada berdebar, sesak nafas, keringat dingin hingga mual. Kondisi yang tidak segera ditangani oleh spesialis kardiovaskular intensif dapat menimbulkan komplikasi.

2. Penyakit Katup Jantung
Masalah selanjutnya yang terjadi pada sistem organ ini adalah penyakit katup jantung. Sebagaimana namanya, penyakit ini dapat terjadi akibat kelainan atau gangguan pada salah satu katup jantung. Hal ini menyebabkan sistem aliran darah menjadi bermasalah karena dapat mengalir ke pembuluh darah selanjutnya maupun mengalir berbalik.

Penyakit katup jantung umumnya terjadi karena gangguan stenosis katup jantung atau regurgitasi. Hal ini biasanya terjadi ketika katup jantung tidak dapat terbuka akibat penebalan dan saling menempel hingga terjadi kebocoran. Pada kasus penebalan katup jantung, otot jantung dipaksa untuk bekerja terlalu keras. Sehingga penderita biasanya akan mengalami gagal jantung.

Begitu sebaliknya, kebocoran yang terjadi pada katup jantung menyebabkan darah yang seharusnya dialirkan ke sistem berikutnya akan kembali ke bilik jantung sebelumnya. Hal ini tentu menyebabkan berkurangnya jumlah aliran darah yang seharusnya dialirkan ke seluruh tubuh dan bisa memicu kerusakan otot jantung.

3. Kardiomiopati
Spesialis kardiovaskular intensif juga dapat menangani masalah kardiomiopati. Pasalnya, masalah ini dapat terjadi akibat gangguan otot jantung pada bentuk dan kekuatan otot. Sehingga kondisi jantung yang tidak bisa memompa aliran darah dengan optimal bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya.

4. Gagal Jantung
Masalah yang dapat terjadi pada jantung dan pembuluh darah adalah gagal jantung. Selain penyempitan arteri jantung, gagal jantung merupakan kondisi melemahnya otot jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius apabila tidak segera diatasi.

Jantung dan pembuluh darah memiliki fungsi penting dalam mengalirkan darah sekaligus nutrisi di dalamnya. Tak ayal jika masalah serius dapat terjadi ketika kedua organ ini mengalami gangguan. Bagi anda yang menemui masalah ini, Heartology Cardiovascular Center menghadirkan perawatan terbaik. Selain penyakit di atas, terdapat jenis penyakit jantung lain yang bisa ditangani.

cek salah satu profil dokter jantung  di Heartology yaitu dr. Dafsah Juzar : https://heartology.id/dr-dafsah-arifa-juzar