Author Topic: Apa Saja Peran Dokter Bedah Toraks Kardiovaskular? Cek di Sini!  (Read 735 times)

mayafallas

  • Newbie
  • *
  • Posts: 8
  • Nilai Diskusi: +0/-0
    • View Profile
Apa Saja Peran Dokter Bedah Toraks Kardiovaskular? Cek di Sini!
« on: September 15, 2021, 01:36:47 PM »

Sebagai salah satu dokter yang menangani penyakit berat, dokter bedah toraks kardiovaskular (BTKV) memiliki peran penting untuk melakukan pemeriksaan, diagnosis, dan penanganan. Dokter spesialis BTKV memiliki tugas khusus yang harus dilakukan terhadap pasien yang mengalami penyakit di bagian dada. Berikut ulasan lengkap tentang apa saja peran dokter BTKV.

Tindakan yang Dapat Dilakukan Oleh Dokter BTKV

1. Pemeriksaan dan Diagnosis
Pemeriksaan dan diagnosis adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, maka diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh sesuai dengan prosedur kesehatan. Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dari penyakit yang diderita oleh pasien, dokter BTKV akan melakukan serangkaian pemeriksaan.

Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan fisik dan tambahan. Sebelumnya, dokter BTKV akan melakukan wawancara terkait riwayat kesehatan, gejala, dan penyakit apa saja yang pernah diderita oleh pasien. Untuk penyakit tertentu, mungkin dokter juga akan menanyakan apakah ada keluarga pasien yang juga mengalaminya karena berhubungan dengan genetik.
baca juga : mengenal luka pada kulit

Pemeriksaan tambahan yang mungkin disarankan oleh dokter bedah toraks kardiovaskular adalah tes darah dan urine, biopsi jantung, USG doppler, rontgen dada, CT scan, angiografi, MRI, elektrokardiogram, dan ekokardiografi. Setelah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, barulah dokter bisa melakukan diagnosis.

2. Mengambil Tindakan Penanganan
Langkah selanjutnya yang akan dilakukan dokter BTKV setelah mengetahui diagnosis dari penyakit yang diderita pasien yaitu tindakan penanganan. Tindakan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi organ yang bermasalah. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk penanganan nonbedah, seperti mengubah gaya hidup lebih sehat atau memberikan obat-obatan.
Beberapa prosedur yang bisa dilakukan oleh dokter BTKV adalah operasi katup jantung, pemasangan alat pacu jantung dengan metode bedah, angioplasti, transplantasi organ jantung atau paru-paru, kateterisasi jantung, operasi kelainan bentuk dada, dan pengangkatan tumor, kista, atau kanker di paru-paru.

Selain itu, dokter bedah toraks kardiovaskular juga bertanggung jawab atas operasi pneumonektomi, lobektomi, atau wedge resection. Operasi ini merupakan prosedur medis yang bertujuan untuk mengangkat organ paru-paru, baik itu sebagian atau seluruhnya. Penanganan lain yang bisa dilakukan oleh dokter BTKV adalah operasi pembuluh darah di jantung.

Selain melakukan pembedahan besar, dokter BTKV juga bisa memanfaatkan teknologi yang semakin canggih untuk melakukan penanganan yang minim sayatan saat operasi. Prosedur ini disebut dengan invasif minimal, sehingga resiko yang ada menjadi lebih minim dan proses pemulihan bisa berjalan lebih cepat. Hal ini juga akan memberikan keuntungan untuk dokter BTKV.

Dokter bedah toraks dan kardiovaskular memiliki peran yang penting untuk melakukan penanganan terhadap penyakit yang menyerang organ di dada. Tindakan yang bisa dilakukan oelh dokter BTKV telah dijelaskan di atas. Dokter BTKV juga bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan dan diagnosis yang baik untuk menentukan tindakan penanganan yang tepat.