Author Topic: Perubahan Perilaku Konsumen Pasca Pandemi Covid-19  (Read 121 times)

trianamargaret

  • Newbie
  • *
  • Posts: 5
  • Nilai Diskusi: +0/-0
    • View Profile
    • Jasa Logistik
Perubahan Perilaku Konsumen Pasca Pandemi Covid-19
« on: July 02, 2020, 11:35:27 AM »
Pandemi yang sedang terjadi saat ini membuat banyak aspek kehidupan berubah, termasuk juga kebutuhan konsumen. Ada produk yang permintaannya meningkat, ada juga yang menurun. Perilaku dan kebiasaan berbelanja orang pun ikut berubah. Contohnya saja, jika biasanya belanja secara langsung dengan datang ke toko, sekarang orang jadi lebih sering belanja barang secara online.

Jika Anda pengusaha atau berjualan, Anda perlu mengetahui perubahan ini supaya jualan Anda bisa tetap laku. Apa saja yang berubah dari cara orang berbelanja barang? Berikut ulasannya.

Lebih peduli kesehatan
Pandemi ini membuat banyak orang lebih memperhatikan kesehatan mereka. Makanya pembelian vitamin meningkat. Selain vitamin, produk olahraga juga pembeliannya meningkat. Orang jadi lebih sering berolahraga. Terlihat dari taman yang jadi ramai dengan orang yang jogging, juga sepeda yang mendadak jadi sangat tinggi peminatnya.

Lebih memperhatikan harga
Seperti yang kita tahu, pandemi ini juga mempengaruhi keadaan ekonomi dan daya beli masyarakat. Makanya konsumen jadi lebih selektif dalam membeli barang. Sekarang, orang lebih memprioritaskan membeli barang-barang kebutuhan primer seperti makanan. Sementara untuk kebutuhan yang kurang penting ditunda dulu.

Lebih sering masak
Karena lebih sering di rumah, banyak orang jadi lebih sering masak dibanding biasanya. Jika sebelumnya orang-orang biasanya makan di luar atau memesan makanan, sekarang orang jadi lebih sering membeli makanan mentah, makanan beku, atau makanan siap saji. Karena, membeli makanan dari luar jelas lebih mahal dibanding masak sendiri.

Selain itu, orang juga kemungkinan bosan karena di rumah terus-terusan sehingga mencari kegiatan lain. Ada juga yang khawatir dengan keamanan dan kesehatan jika membeli makanan dari luar sehingga memutuskan untuk masak makanan sendiri.

Model bisnis langganan
Karena semuanya jadi serba online, bisnis berlangganan ini jadi punya potensi yang besar untuk berkembang. Misalnya saja orang yang tadinya hanya sesekali memesan lunchbox karena biasa mendapat makanan dari kantor atau bisa makan di luar, sekarang jadi butuh pesan catering setiap harinya karena tidak bisa keluar rumah. Pembelian yang tadinya hanya dijadikan alternatif sekarang jadi kebutuhan penting. Makanya, kalau Anda punya catering ini kesempatan Anda untuk menerapkan sistem berlangganan.

Layanan bebas kontak
Banyak orang yang khawatir dengan keamanan saat membeli barang dari luar. Makanya banyak bisnis yang menawarkan layanan bebas kontak supaya pembelinya yakin kalau keamanannya terjamin. Untuk mengakali ini, Anda bisa meminta jasa pengiriman barang yang Anda gunakan supaya menempatkan paket depan pintu saja supaya tidak kontak langsung.

Sumber: 8 Perubahan Perilaku Konsumen Akibat Pandemi yang Perlu Diketahui Pebisnis
Baca tips bisnis lainnya di sini