Author Topic: Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula  (Read 45 times)

Kartikuy

  • Newbie
  • *
  • Posts: 33
  • Nilai Diskusi: +0/-0
    • View Profile
    • Email
Memulai Usaha Kuliner untuk Pemula
« on: May 02, 2020, 12:33:23 PM »
Bisnis kuliner memang dikenal sebagai bisnis yang tidak pernah mati, alasannya sederhanas karena makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok kita sehari-hari, jadi peluang untuk meraih keuntungan besar bisa kamu dapat pada bisnis ini, namun disisi lain tidak bisa dipungkiri bahwa dalam bisnis kuliner memiliki persaingan yang sangat ketat, itu merupakan sebuah tantangan bagi kamu yang ingin mendalami bisnis ini.

Walaupun seperti itu bukan berarti pebisnis kuliner pemula tak bisa bersaing dengan yang lainnya. Selama kamu mempersiapkannya dengan matang, tekun dan konsisten, kemungkinan bisnismu bisa lebih besar disbanding dengan mereka yang sudah lama bergelut. Agar bisnismu lancar berikut beberapa stategi yang bisa kamu terapkan

Persiapkan modal usaha
Pertama-tama sebelum memulai usaha haruslah kita siapkan modal terlebih dahulu, lalu ketahui jumlah modal kita baru kita dapat memutuskan jenis usaha kuliner apa yang akan menjadi usahamu.
Kalau kamu memiliki dana Rp 1 juta, kamu bisa menjual menu makanan ringan seperti kue basah, salad buah dan kamu bisa memanfaatkan teras rumahmu untuk berjualan. Namun apabila kamu memiliki dana lebih kamu bisa mencoba bisnis waralaba seperti fried chicken.

Tentukan target pemasaran
Jika kamu sudah menentukan jumlah modal, langkah selanjutnya adalah menentukan pasar yang kamu tuju, contohnya jika kamu ingin menjual makanan di kawasan perkantoran di daerah Jakarta kamu bisa mematok harga lebih tinggi, namun apabila kamu ingin menjual makanan ringan di kawasan sekolah kamu bisa menyesuaikan harga sesuai dengan budget anak sekolah. Sebisa mungkin carilah tempat yang srategis dan mudah dijangkau oleh kalangan orang yang kamu tuju.

Ketahui keunikan bisnismu
Di dalam sebuah bisnis haruslah memiliki faktor pembeda agar brandmu memiliki citra yang khusus dimata customer, kamu harus mampu berinovasi dan menciptakan menu andalan yang menjadi keunikan tersendiri dari usaha kulinermu.

Buat strategi pemasaran yang tepat
Strategi yang tepat sangat diperlukan untuk kelancaran bisnismu, di era digital saat ini kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produkmu, buat foto produkmu semenarik mungkin, cantumkan harga dan caption yang menarik agar customer melirik usaha kulinermu.

Jangan takut untuk memulai sesuatu, keberhasilan seorang pengusaha tidak dilihat dari kepintaran ataupun dana yang besar untuk sebuah modal, tetapi keberanian untuk memulai.

Sumber: https://kartikas99.blogspot.com/