Author Topic: Tips Menghadapi Banjir  (Read 17 times)

Kartikuy

  • Newbie
  • *
  • Posts: 15
  • Nilai Diskusi: +0/-0
    • View Profile
    • Email
Tips Menghadapi Banjir
« on: February 26, 2020, 04:03:35 PM »
Banjir selalu menjadi langganan di kota Jakarta dan sekitarnya, solah menjadi persoalan yang tak kunjung usai, berbagai macam pemicunya dari banyaknya sampah yang memadati saluran air dan lingkungan, penyusutan tanah yang dipicu oleh pompa air, serta curah hujan yang ekstrem. Ada beberapa upaya untuk mengatasi banjir yang terjadi berikut hal- hal yang harus diperhatikan.
1.   Kemasi dan pindahkan barang penting kalian ke tempat yang aman
Barang-barang penting seperti surat-surat penting, hand pone, laptop, pakaian bersih, uang. Simpan ditempat yang aman jauh dari genangan air, tempatkan di dalam koper atau tas. Hal ini mengurangi resiko kerugian yang nantinya akan memperumit segala aktifitas kedepannya.
2.   Berhati-hati saat berjalan digenangan air
Jika sedang banjir jauhi tempat yang sekiranya terdapat genangan yang tinggi, dan berhati-hati dalam melangkah, karena bisa saja terdapat benda atau benda tajam yang berbahaya didasar air yang tidak bisa dijangkau oleh mata.
3.   Matikan aliran listrik untuk menghindari terjadinya konslet listrik dan sengatan listrik
Banyak kasus kematian sesorang yang tersengat aliran listrik saat banjir, ini hal yang perlu diwaspadai segera matikan aliran listrik jika terjadi banjir, tidak hanya itu hindari tiang listrik yang ada di lingkungan mu jangan berpegangan pada tiang listrik karena rawan terkena sambarannya.
4.   Evakuasi keluarga dan orang terdekat kalian ketempat pengungsian
Tetaplah waspada dan haruslah kita bergotong-royong dalam menangani kasus bajir, saat kita saling bantu membantu maka masalah akan lebih terasa ringan.
5.   Bersihkan kembali lingkungan sekitar setelah banjir surut
Setelah banjir mereda dan surut, bersihkanlah segera lingkungan kalian yang terkena banjir, hal itu bertujuan untuk mencegah dari berbagai macam penyakit, karena air banjir mengandung berbagai macam kotoran.

Berikut merupakan cara menghadapi banjir yang terjadi, semoga kita semua diberi kesadaran akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan, agar bencana banjir ini tidak semakin parah dari tahun ketahun, dan malah sebaliknya semakin membaik dan teratasi. Untuk kalian yang terkena bencana banjir tetep waspada dan stay save ya  ;)

Sumber: www.sentralcargo.co.id