Author Topic: Tanda-Tanda Wasir Kronis (Stadium 4)  (Read 271 times)

wawankhu

  • Newbie
  • *
  • Posts: 6
  • Nilai Diskusi: +0/-0
    • View Profile
    • Email
Tanda-Tanda Wasir Kronis (Stadium 4)
« on: November 15, 2019, 02:48:25 PM »
Tanda-Tanda Wasir Kronis (Stadium 4) - Sembelit atau susah buang air besar (BAB) merupakan salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya penyakit wasir atau ambeien. Konstipasi atau sembelit adalah salah satu jenis penyakit yang sangat umum yang terjadi di kalangan masyarakat. Tingkat keseriusan penyakit ini berbeda pada setiap penderitanya. Ada beberapa orang yang mengalami masalah ini dalam waktu yang singkat, akan tetapi ada juga sebagian orang yang mengalaminya dalam waktu jangka panjang atau kronis. Biasanya masalah sulit buang air besar jangka panjang akan menimbulkan rasa sakit serta rasa ketidaknyamanan yang dapat mengganggu dan mempengaruhi aktifitas anda sehari-hari,


lalu apakah itu wasir atau ambeien?? Berikut ini akan kami jelaskan seputar penyakit wasir atau ambeien dan cara mengatasinya sendiri di rumah.


Sekilas Tentang Wasir / Hemoroid / Ambeien

Tanda-Tanda Wasir Kronis (Stadium 4) - Wasir adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami pembengkakan dan lama kelamaan akan menjadi sebuah benjolan yang kadang disertai keluar darah. Penyakit wasir ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder dan malu karena mengidap penyakit wasir. Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus mendapat tekanan. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati.

Faktor Penyebab Wasir / Hemoroid / Ambeien
Lantas apa penyebab wasir dan bagaimana cara mengobati wasir secara alami dengan ramuan herbal alami? Nah sebelum kita lanjutkan sebaiknya kita ketahui dahulu apa penyebab dan gejala-gejala wasir tersebut. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yang juga sebagi pemicu terjadinya penyakit wasir ini, diantaranya yaitu:
- Mengejan kuat saat buang air besar
- Nongkrong dalam jangka waktu yang lama di toilet saat BAB
- Diare kronis
- Sembelit atau konstipasi
- Diet rendah serat
- Obesitas atau kegemukan
- Kehamilan
- Hubungan seksual melalui anus

Tanda Gejala Wasir / Hemoroid / Ambeien
Tanda dan gejala wasir meliputi:
- Buang air besar (BAB) berdarah  yang berwarna merah terang
- Gatal atau iritasi (pedih) di daerah anus
- Nyeri atau ketidaknyamanan pada anus
- Pembengkakan di sekitar anus
- Benjolan teraba lunak di dekat anus, yang mungkin sensitif atau menyakitkan (akibat bendungan pembuluh darah oleh bola lemak atau thrombus)

Secara umum, wasir dibagi menjadi dua jenis, yaitu wasir internal dan wasir eksternal. Kedua jenis wasir ini sama-sama berbahayanya. Bedanya, pada wasir jenis eksternal lebih bisa dilihat secara jelas dibanding wasir jenis internal karena letaknya disebelah luar anus.


Wasir internal >> merupakan pembengkakan yang terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa di lihat atau di raba. Pembengkakan jenis ini hanya sedikit menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Ciri-ciri yang dapat di ketahui yaitu pendarahan pada saat buang air besar, rasa tidak nyaman saat duduk dan berjalan karena terasa ada yang mengganjal di dalam anus.

Wasir eksternal >> adalah wasir yang menyerang anus sehingga akan menimbulkan rasa sakit, perih dan rasa gatal. Kerap kali wasir jenis ini ikut keluar jika ada tekanan disekitar anus semisal BAB dan sebagainya. Jika terdorong keluar oleh feses wasir ini akan mengakibatkan penggumpalan yang menjadikan wasir berwarna biru-ungu. Dalam kondisi ini, maka pembuluh darah yang membengkak itu sangat mudah terluka dan mengeluarkan darah.

Adapun tingkat keparahan wasir dibagi menjadi 4 stadium, antara lain:
- Stadium I: Jarang sekali dirasakan sehingga belum mengganggu aktivitas kita. Cirinya antara lain yaitu pada anus terasa panas, gatal, susah buang air besar.
- Stadium II: Terasa sakit dan terjadi pendarahan ketika buang air besar, terkadang benjolan di anus keluar disertai pendarahan, dan wasir sering keluar dalam bentuk daging kecil dan dapat masuk kembali tanpa bantuan tangan.
- Stadium III: Menonjol saat mengejan, dan harus didorong kembali sesudah defekasi, serta bisa ada pendarahan dan nyeri. Saat ini terjadi maka akan mengganggu aktivitas seseorang. Wasir atau ambeien sering keluar walaupun masih berbentuk kecil, sebesar jari kelingking.
- Stadium IV: Wasir atau ambeien yang sudah mencapai stadium IV akan sangat mengganggu karena akan terus keluar walaupun sudah didorong, dan bentuknya akan mulai nampak jelas bahkan cukup besar berbentuk lingkaran disekitar dubur.

Komplikasi Wasir / Hemoroid / Ambeien
Walaupun seringkali ringan, namun hemoroid dapat menimbulkan komplikasi, diantaranya:
- Anemia. Terjadi karena perdarahan yang terus menerus sehingga tubuh kekurangan darah merah, akibatnya akan menimbulkan kelelahan dan kelemahan.
- Strangulasi Hemorrhoid. Jika suplai darah ke wasir interna terputus, karena terjepit, akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan .

Cara Mencegah Wasir / Hemoroid / Ambeien
Pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit wasir atau ambeien, yaitu dengan pola hidup sehat, diantaranya :
1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi
2. Banyak Minum
3. Rutin buang air besar
4. Hindari mengejan terlalu hebat
5. Hindari mengangkat beban berat
6. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama
7. Jaga berat badan
8. Lakukan olahraga secara teratur
9. Tidur posisi miring

Cara Mengobati Wasir / Hemoroid / Ambeien Secara Alami
Tidak perlu terburu-buru untuk menghilangkan wasir atau ambeien melalui cara operasi. Tanaman yang ada di sekitar kita ternyata ada yang dapat digunakan sebagai cara pengobatan tradisional, diantaranya yaitu bawang putih, lidah buaya, daun sirsak, daun ungu, kunyit putih, mahkota dewa dan masih banyak lainnya.
« Last Edit: November 15, 2019, 02:56:33 PM by Admin »