Author Topic: Alasan Mengapa Modal Ventura Sangat Berbahaya  (Read 312 times)

blimusik

  • Newbie
  • *
  • Posts: 3
  • Nilai Diskusi: +0/-0
    • View Profile
Alasan Mengapa Modal Ventura Sangat Berbahaya
« on: May 16, 2019, 11:20:23 AM »
Pengertian singkat dari Modal Ventura adalah salah satu kegiatan permodalan yang memiliki sangat banyak kelebihan. Permodalan ini adalah salah satu hal yang sangat menguntungkan tapi memiliki risiko yang sangat besar. Mengapa demikian? Berikut ini adalah ulasannya.

Perusahaan investee
Dalam Ventura Capital, investor adalah orang yang memberikan dana untuk investasi sedangkan investee adalah perusahaan yang mendapatkan suntikan dana. Dalam hal Ventura Capital ini, biasanya perusahaan yang mendapatkan suntikan dana adalah perusahaan yang masih baru. Ya, perusahaan baru yang sedang mencari celah dalam Market memanfaatkan Ventura Capital untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.

Masalahnya, tidak semua perusahaan baru memiliki nilai sendiri sehingga dapat berhasil ketika menggunakan Ventura Capital. Perusahaan yang tidak memiliki ciri khas dan perusahaan yang tidak mudah mendapatkan hati di masyarakat akan lebih sulit berkembang meskipun mereka menggunakan Modal Ventura ini.

Pada dasarnya Ventura Capital adalah modal yang digunakan untuk melakukan strategi marketing yang menggunakan dana yang sangat besar. Contohnya pemberian banyak diskon pada konsumen untuk layanan produk atau jasa dari sebuah perusahaan merupakan salah satu cara marketing dengan dana yang besar yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.
Karena merupakan perusahaan yang baru dikenalkan, maka penggunaan Modal Ventura dalam perusahaan tersebut memiliki risiko rugi yang sangat besar. Jadi untuk melakukan penanaman Ventura Capital memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Dana yang digelontorkan sangat besar
Ketika sebuah perusahaan mencari Ventura Capital, maka ia tidak mungkin mencari modal dalam jumlah yang sedikit. Ia pasti mencari modal dengan jumlah yang sangat besar karena modal tersebut memang digunakan untuk modal awal perusahaan sehingga sangat esensial dalam perusahaan. Digunakan untuk operasional dan pastinya untuk marketing. Karena modalnya sangat besar jika rugi, maka kerugiannya juga sangat besar. Hal inilah yang menyebabkan risiko dari Ventura Capital ini bisa dibilang besar.

baca juga : 4 kesalahan saat mendirikan startup

Tidak ada jaminan pengembalian uang
Biasanya dalam penanaman Modal Ventura, peminjam atau investor memiliki jaminan pengembalian uang yang dimilikinya. Hal ini disebabkan karena memang perjanjian kerja dalam Ventura Capital berlangsung seperti itu. Model dari penanaman modal ini ada beragam mulai dari penanaman modal dengan perjanjian bagi hasil hingga penanaman modal dengan cara Equity. Akan tetapi di antara jenis-jenis dari penanaman modal Ventura Capital ini tetap tidak akan ada jaminan dana yang dipinjamkan akan dikembalikan. Tapi jika perusahaan memang sukses, maka keuntungan dari modal yang ditanamkan akan sangat besar.

Karena faktor-faktor risiko yang disebutkan di atas, maka pemilik modal Ventura Capital biasanya bukan merupakan orang yang biasa saja biasanya pemilik dari Ventura Capital ini memang merupakan perusahaan yang sudah mapan dan matang sehingga jika mengalami kerugian Modal Ventura tidak banyak penyesalan yang akan dialaminya. Kini, banyak perusahaan yang memanfaatkan modal ventura sebagai sumber pendanaan, mislanya bisnis startup di bidang digital agency, kuliner, fashion hingga fintech.